Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Wednesday, May 15, 2013

Keluarga Meninggal, Diserahkan Pada Anjing Lapar

ORANG yang telah meninggal pada umumnya jasadnya akan segera dimakamkan dengan cara dikubur. Namun, tidak selamanya mereka akan dimakamkan di dalam tanah. Beberapa daerah bahkan memiliki upacara adat yang cukup unik untuk menghormati sekaligus mengantarkan arwah orang yang meninggal ke tempat yang abadi.

Di antara upacara adat kematian tersebut bahkan beberapa di antaranya masih terus dilestarikan hingga saat ini. Berikut adalah beberapa upacara pemakanan unik yang dilakukan di beberapa negara seperti dilansir dari Matadornetwork:

Mongolia

Lamas memiliki tugas untuk mengarahkan seluruh rangkaian upacara. Jumlah orang yang mengikuti kegiatan upacara disesuaikan dengan status sosial  dari orang yang meninggal. Mereka memutuskan arah rombongan yang akan melakukan perjalanan sampai tiba hari tertentu yang memungkinkan untuk digelarnya sebuah upacara kematian.

Penduduk lokal Mongolia percaya terhadap kembalinya jiwa orang yang sudah meninggal. Oleh karena itu, mereka akan terus berdoa dan menawarkan berbagai makanan untuk menghalau roh-roh jahat dan melindungi keluarga yang masih hidup. Mereka juga menempatkan batu biru di tempat terbaringnya orang yang sudah meninggal untuk mencegah roh jahat memasuki tubuhnya.

Tak seorang pun diperbolehkan untuk menyentuh mayat kecuali Lamas. Sehelai kerudung sutra putih diletakkan di atas wajah jenazah.

Keluarga membakar dupa dan dedaunan untuk memberi makan kepada roh yang datang. Ketika tibalah waktunya untuk menghilangkan jasad,  tubuh diambil dari desa dan diletakkan di tanah terbuka. Sebuah garis pembatas disusun dari batu-batu yang ditempatkan di sekitar jasad.

Kemudian, anjing-anjing kampung yang telah dipersiapkan dan tidak diberi makan selama berhari-hari dilepaskan untuk mengkonsumsi sisa-sisa dari jasad tersebut. Setelah tubuh tersebut habis, batu garis akan tetap diletakan sebagai penanda. Seluruh rangkaian upacara ini tak boleh dilewatkan satu pun, karena mereka khawatir kejadian buruk akan menimpa keluarga yang masih

http://travel.okezone.com/read/2013/05/11/544/805383/keluarga-meninggal-diserahkan-pada-anjing-lapar

0 komentar:

Popular Posts