Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Saturday, May 11, 2013

Cacing ternyata bisa hidup di mata manusia!

Cacing biasanya hidup dalam pencernaan manusia. hal tersebut sudah menjadi fakta yang diketahui oleh masyarakat luas. Namun bagaimana jika mata Anda "cacingan"?
Dunia sempat dikejutkan dengan seorang pria asal India yang memiliki cacing sepanjang 13 cm di matanya.
Cacing tersebut bernama Loa loa Filariasis. Cacing ini menginfeksi mata manusia. Dr Thomas Ashley Mulamoottil, dokter di India pernah melakukan tujuh kali operasi penyakit ini. Bahkan dia mengaku pernah menemukan cacing sepanjang 20 cm di mata pasiennya.

Penyebaran Loa loa filariasis
"Cacing Loa loa awalnya ditemukan di Afrika dan sekarang telah mencapai Asia. Lalat bakau diyakini sebagai pembawa cacing ini. Lalat tersebut menyebar telur cacing melalui luka kecil pada tubuh manusia. "Kematian cacing di dalam tubuh bisa berakibat fatal karena dapat mencemari darah. penyakit ini dikenal sebagai microfilariasis atau Loa loa infestasi (Loiasis) ", kata Dr Mulamoottil yang dilansir boldsky (24/4).

Perawatan penyakit ini
Pasien dapat melakukan kemoterapi atau melakukan pengangkatan cacing dengan operasi dari mata. Cacing ini berwarna kekuningan. Sayangnya, tidak ada vaksin belum dikembangkan untuk Loa loa filariasis. Namun, jika terdeteksi dalam waktu yang tidak terlalu lama dapat disembuhkan.

Jika cacing tidak dikeluarkan, bisa saja ia menuju ke dalam lapisan-lapisan mata dan menyebabkan hilangnya penglihatan.

 http://www.merdeka.com/sehat/cacing-ternyata-bisa-hidup-di-mata-manusia.html

0 komentar:

Popular Posts