Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Tuesday, October 1, 2013

Saturnus ternyata terbuat dari plastik

Plastik ternyata bukan hanya bisa ditemukan di planet kita saja. Di Saturnus, bahan pembuat plastik ternyata juga terkandung di dalamnya.

Seperti yang dilansir oleh USA Today (30/9), NASA menemukan hal ini dalam penelitian terbarunya. Dengan begitu, ini adalah bahan kimia pertama yang berhasil di temukan di tempat selain bumi.

Penemuan ini sendiri pertama kali diketahui oleh pesawat luar angkasa Cassini saat menyelidiki atmosfer Titan, bulan terbesar Saturnus. Para ilmuwan NASA kemudian menyimpulkan apa yang ditemukan Cassini merupakan propylene, bahan utama pembuat plastik untuk kotak makanan dan kotak penyimpanan lainnya.
Sebelumnya, Cassini mendeteksi bahwa propylene kemungkinan hanya ada di atmosfer Titan saja. Namun, ketika peneliti mengukur tingkat suhu dari Saturnus dan bulannya, baru kemudian diketahui bahwa bahan kimia tersebut benar-benar ada.

Sementara itu, di Titan juga ditemukan adanya hidrokarbon. Ini merupakan salah satu dari komposisi besar yang ditemukan dalam sistem tata surya kita.

http://www.merdeka.com/teknologi/saturnus-ternyata-terbuat-dari-plastik.html

0 komentar:

Popular Posts