Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Tuesday, February 19, 2013

9 Pemain Catur Terhebat di Dunia

Catur merupakan salah satu permainan yang dilakukan oleh hampir semua penduduk dunia. Tahukah anda siapa saja pemain caurt terhebat di dunia?

1. Jose Raul Capablanca 
Tidak diragukan lagi, pemain dengan bakat alam terhebat sepanjang sejarah. Sering terlihat malas dan tidak suka membuang waktu untuk membaca buku catur. Akan tetapi, kontribusinya terhadap teori pembukaan catur sangat besar. Rekornya adalah 318 menang, 249 draw, dan hanya 34 kali kalah di semua pertandingan dan kejuaraan dalam rentang waktu 1909 sampai 1939. Belum ada Grandmaster yang bisa menanding jumlah kekalahan sesedikit itu dalam rentang waktu tersebut. 

2. Garry Kasparov 
Juara dunia selama 15 tahun dan mungkin dia adalah tactician terbaik sepanjang masa. Memegang titel sebagai juara dunia dari 1985 sampai 2000 (ketika akhirnya dikalahkan oleh Kramnik). Dia sering dijuluki "Monster Bermata Sepulu" yang dapat melihat segalanya pada posisi apapun. Dia adalah pemain yang kemampuan taktisnya dianggap paling mirip komputer dan memiliki pemahaman posisonal yang kuat dan persiapan opening paling dalam sepanjang sejarah. 

3. Mikhail Botvinik 
Satu2nya pemain yang menjadi juara dunia pada dua ajang yang berbeda.. Dia merupaka seorang ilmuwan dan ini terlihat dari gaya bermainnya yang suka membuat posisi tertutup dan melakukan manuver dari sayap. Meskipun bakat caturnya besar, kemampuannya paling dipengaruhi oleh persiapan yang sangat serius sebelum pertandingan, terutama dalam mempelajari endgame. Hasilnya adalah kemampuan penilaian posisi dan konsentrasi yang luar biasa pada setiap pertandingan. Kontribusinya pada pengembangan komputer catur juga besar. 

 4. Alekhine 
Menjadi juara dunia dua kali, hanya kalah sekali dari Euwe tetapi langsung segera merebutnya kembali tidak lama kemudian. Kemudian, dia hanya kehilangan gelar karena meninggal dunia. Dia pemabuk . Pemain yang kuat dengan determinasi tinggi dan dijuluki "Complete Player". Dia adalah idola Kasparov.

5. Anatoly Karpov 
Tumpul dan tidak inspiratif. Otulah ciri permainan Karpov. Permainannya yang sering ingin menghindari tekanan membuat permainannya "kering". Meski begitu, bakatnya tak terbantahkan. Juara dunia sepuluh kali adalah buktinya. Pemain ini terkenal dengan pembukaan Caro-Kann nya. 

6. James "Bobby" Fischer Juara Dunia yang kesebelas. 
Sering disebut-sebut sebagai "The Greatest Chess Player of The Time". Di umur 13 tahun, dia mengikuti kejuaraan kandidat penantang Juara Dunia dan pertandingannya saat itu ada yang mendapat julukan "Game Of The Century". Menjadi GM pada umur 15 tahun dan menjadi GM termuda saat itu. Meskipun kemampuannya brilian, kebanyak permainan caturnya tidak memiliki "kehalusan". Permainan Fischer sangat ditentukan oleh persiapan pembukaan, dan (menurut penulis di situs ini) tanpa hal itu prestasinya tidak impresif. Meskipun Fischer cemerlang di eranya, dia tidak memberi cukup bukti untuk pantas ditempatkan lebih tinggi pada daftar ini. 

7. Larsen 
Tidak pernah menjadi juara dunia tetapi salah satu pemain terbaik. Dia bisa masuk ke dalam posisi yang menurut orang lain jelek tetapi dida bisa melihat potensi dari posisi tersebut dan memenanginya. Larsen tidak pernah bermain hasil seri dan permainannya sangat populer di kalangan publik. Repertoire pembukaannya sangat variatif. Dia adalah seorang jenius dalam sisi tertentu dan masternya counter-attack. Caranya keluar dari posisi yang kaku dan jelek dan memenanginya patut untuk dipelajari semua orang. 

8. Nezhmetdinov 
Salah satu wildcard dalam daftar ini. Jarang dikenal orang banyak tetapi jenius dalam taktik. Permainannya sangat variatif. Anda tidak akan tahu betapa hebatnya orang in sampai Anda mempelajari permainannya. 

9. Emanuel Lasker Bakat Fenomenal. 
Gaya bermainnya yang sering masuk ke dalam posisi yang berbahaya sangat populer. Dialah orang pertama yang menyarankan agar catur dielajari dengan pendekatan ilmiah dan menulia buku catur berjudul "Chess Strategy" yang sampai sekarang masih banyak dipakai sebagai panduan. Dia memegang gelar juara dunia selama 26 tahun. Hanya kalah dari Steinitz (28 tahun).

Sumber: http://www.sik-asik.com/2012/07/10-pemain-catur-terbaik-sepanjang.html

11 komentar:

Ariel Tatum said...

saya tahunya cuma kasparov doang, tetangga saya dulunya

Pancawarta said...

inilah orang-orang yang jenius

Fotopedia said...

kalau saya cuma pemain catur tingkat RT dan itupun kalah terus

Anonymous said...

Catur itu alibi, satu langkah beribu makna

Unknown said...

Saya main catur tingkat kelas baru pertama kali menang juara 1

Unknown said...

Bobby fischer tetap yg terbaik sepanjang masa...

Info Kita said...

kok nama saya gak ada ya? saya kan juara catur tingkat RT

Anonymous said...

Wetss Sy jg ni hobby main catur lawan macam macam org dr berbagai kalangan.
Tp sy selalu main sesuai kondisi andai sy bs menangpun sy akan berpura pura kalah spy dpt menilai kepribadian seseorg hehehee sprt itulah sy.

Fachreza Anggana said...

Magnus Carlsen

Fachreza Anggana said...

Magnus Carlsen

Unknown said...

Permainan catur sama dengan mengatur strategi perang. Banyak kemungkinan, banyak peluang, namun kalau salah langkah pgnnya lngsg dimakan aja biji caturnya krn jengkel,hehehehehe

Popular Posts