Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Thursday, December 13, 2012

Foto Gunung Es Titanic Dilelang

Sebuah foto gunung es yang menenggelamkan Titanic akan dilelang pada bulan depan di Amerika Serikat. Foto ini diyakini adalah satu-satunya foto yang menampilkan gunung es yang mengakibatkan tragedi bersejarah itu.

Foto itu bukan diambil oleh salah satu penumpang Titanic. Foto gunung es itu diambil oleh Kapten WF Wood, komandan kapal SS Etonian yang lewat di lokasi itu dua hari sebelum Titanic.

Foto gunung es ini sangat mirip dengan sketsa yang dibuat sejumlah awak Titanic, termasuk Frederic Fleet, awak pertama yang melihat gunung es ini. Demikian disampaikan oleh rumah lelang RR Auctions.

Menurut rencana, foto berukuran 13 x 11 cm itu akan dilelang pada 13 Desember mendatang. Rumah lelang RR Auctions berharap setidaknya foto ini bisa terjual 10.000 dollar AS atau hampir Rp 100 juta.

"Tidak ada foto gunung es yang diambil dari dek Titanic di malam naas itu. Sejumlah foto gunung es di lokasi tabrakan, yang diambil sebelum dan sesudah kejadian, selama beberapa tahun terakhir diklaim sebagai gunung es yang menjadi penyebab tenggelamnya Titanic," demikian pernyataan RR Auctions.

"Foto gunung es yang diambil dari kapal Etonian ini diyakini diambil pada 2-3 hari sebelum gunung es itu mencapai posisi Titanic. Gunung es ini sangat mirip dengan sketsa yang dibuat kru Titanic dan foto yang diambil setelah kapal tenggelam," demikian pernyataan RR Auctions.

"Para pakar Titanic meyakini, foto gunung es ini adalah benar gunung es yang menjadi pembicaraan dalam satu abad terakhir ini."
(kompas)

0 komentar:

Popular Posts