Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Saturday, November 24, 2012

Ditemukan rumah prasejarah berusia 10.000 tahun

Rumah purba yang diperkirakan dibangun sekitar 10.252 tahun yang lalu telah ditemukan di pinggiran Edinburgh, Skotlandia.

Para ahli menemukan bekas pondasi berbentuk oval, lubang bekas penyangga dinding dari kayu, dan sejumlah benda lain, seperti sisa-sisa tungku, dan bahkan arang kulit kemiri.

"Ini penemuan penting karena benda-benda ini menjadi bukti salah satu rumah tertua di Skotlandia," kata Rod McCullagh, arkeolog senior di lembaga Historic Scotland.

Ia menjelaskan mungkin penghuni rumah masuk ke pinggiran Edinburgh setelah era es mencair di zaman Mesolitikum.

Rumah ini ditemukan ketiga petugas melakukan survei untuk membangun penyeberangan sungai di daerah Echline, di South Queensferry, tak jauh dari Edinburgh.

Para arkeolog memperkirakan rumah ini berbentuk seperti tenda, dengan dinding dari tanah liat yang disangga dengan kayu.

Arang kulit kemiri menunjukkan jenis makanan yang dikonsumsi penghuni rumah, kata para ahli.

Namun arkeolog juga mengatakan mungkin rumah ini tidak dihuni sepanjang tahun dan hanya ditempati di musim dingin. (detik.com)

0 komentar:

Popular Posts