Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Tuesday, November 20, 2012

Belalang ubah nada guna mencari cinta

Menurut para ilmuwan, baru kali ini diidentifikasi belalang melakukan adaptasi.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa belalang yang hidup di tempat-tempat bising cenderung mengubah nada suara sebagai upaya mencari pasangan.

Penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan Jerman mengatakan makhluk yang cerdas itu mengubah nada suara agar aba-aba mencari pasangan bisa lebih terdengar di antara hiruk pikuk perkotaan.

Frekuensi rendah suara belalang dengan mudah ditelan oleh keramaian jalan raya sehingga hal tersebut bisa menghambat upaya belalang jantan untuk menarik perhatian belalang betina.

"Terjadi proses seleksi seksual dan belalang jantan menyuarakan lagu rayuan untuk menarik belalang betina dan belalang betina bereaksi lebih baik terhadap lagu yang di dalamnya terdapat sinyal frekuensi rendah," kata Ulrike Lampe, ahli biologi di Universitas Bielfeld, Jerman.

Cara yang dilakukan belalang jantan adalah dengan menaikkan volume suara.

Para ilmuwan mengambil kesimpulan itu setelah mengadakan penilitian terhadap hampir 200 belalang yang ditangkap di daerah-daerah yang bising dan tenang.

Dengan membandingkan hampir 1.000 rekaman suara belalang, tim ilmuwan menemukan bahwa belalang yang hidup di sekitar jalan raya mengeluarkan suara berbeda.

Perubahan nada suara karena polusi suara akibat ulang manusia diketahui juga terjadi pada paus, katak dan burung.

Namun tim ilmuwan Jerman yang meneliti belalang menegaskan baru kali ini diidentifikasi bahwa belalang melakukan adaptasi terhadap suara yang dikeluarkan oleh serangga itu. (detik.com)

0 komentar:

Popular Posts