Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Saturday, September 6, 2014

Pencakar Langit Terjangkung Kedua di Dunia Dibuka untuk Umum

The Makkah Clock Tower, pencakar langit tertinggi kedua di dunia, akan dibuka bagi wisatawan seluruh dunia, setelah musim haji 2014. Untuk memasuki menara dan naik ke puncaknya, para turis harus membeli tiket terlebih dulu.

The Makkah Clock Tower merupakan bangunan terjangkung di dalam kompleks King Abdul Aziz Endowment Project yang terdiri atas tujuh menara. The Makkah Clock Tower menjulang 601 meter dan berisi 76 lantai dengan jumlah 858 suite. Pemandangan di depannya merupakan Masjidil Haram.

"Sejumlah besar pengunjung dari berbagai negara akan diizinkan mengunjungi menara untuk  melihat dari dekat interior The Makkah Clock Tower," kata seorang pejabat.

Kehadiran The Makkah Clock Tower juga menghidupkan kembali bisnis sektor perhotelan selama tiga tahun terakhir. Sejumlah hotel yang ada di sekitar menara sukses menarik banyak pengunjung. Mereka menikmati pemandangan Masjidil Haram terutama selama Ramadhan.

Manajer pemasaran sebuah hotel di dekat Masjidil Haram, Abbas Subhi, mengatakan, sejak The Mekkah Clock Tower hadir, bisnisnya kembali lancar. Banyak tamu menginap selama beberapa hari, bahkan berminggu-minggu.

"Sebagian besar pengunjung datang hanya untuk tinggal di atap hotel menikmati panorama Masjidil Haram. The Makkah Clock Tower betul-betul mendukung pariwisata," kata Abbas.

Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah telah memerintahkan menara ini ditempatkan di ketinggian 380 meter dan dapat dilihat dari semua sisi. Termasuk dapat melihat nama Allah tertulis di masing-masing empat wajah jam. Dua wajah jam, termasuk prasasti, masing-masing setinggi 80 meter dan 65 meter, serta diameter 39 meter.

The King Abdul Aziz Endowment Projectsendiri merupakan salah satu proyek konstruksi terbesar di dunia. Akan tetapi, menurut data Council on Tall Buildings and Urban Habitat,  meski tertinggi kedua di dunia, namun The Makkah Clock Tower hanya satu meter lebih jangkung ketimbang Canton Tower di Guangzhou, Tiongkok.

Sumber :
arabnews.com, www.ctbuh.org, www.kompas.com

3 komentar:

Bendungan Kedungdowo said...

Para manusia berlomba untuk membuat bangunan yang tinggi menjulang... supaya dekat dengan Tuhan kah?

Info Properti said...

Sebuah mahakarya yang cukup fenomenal. Indonesia mampu gak ya buat gedung bertingkat seperti itu ?

Wisma Perdamaian said...

seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan ruang, akan semakin banyak bangunan-bangunan vertikal seperti itu. Hanya saja perlu dibuat dengan desain yang tidak biasa agar bisa menjadi masterpiece bagi perancangnya

Popular Posts