Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Monday, January 19, 2015

Pedang Berusia 3 Ribu Tahun Ditemukan

Seorang bocah 11 tahun telah menemukan pedang perunggu berusia 3 ribu tahun di sebuah sungai di Provinsi Jiangsu, China. Pedang bersejarah ini diklaim berasal dari dinasti Shang atau Zhou.

Bocah bernama Yang Junxi, mengatakan bahwa dia menyentuh ujung senjata yang sudah berkarat itu saat mencuci tangan di Sungai Laozhoulin.
Setelah Junxi mengambilnya dan membawanya pulang ke rumah. Praktis membuat dirinya menjadi populer, bahkan beberapa orang ada yang menawar pedang itu dengan harga yang sangat tinggi.
Namun, keluarga memutuskan untuk mengirimkannya ke pejabat negara untuk dilakukan pemeriksaan.

“Beberapa orang bahkan menawarkan harga tinggi untuk membeli pedang ini,” ujar Ayah Junxi, Jinhai, seperti dikutip BBC, Selasa (9/9/2014).
 
Menurut para arkeolog pedang sepanjang 26cm ini adalah senjata peninggalan dinasti Shang atau Zhou berdasarkan materialnya, ukuran, dan bentuknya.
Lyu Zhiwei dari Gaoyou Biro Peninggalan Budaya mengatakan bahwa pedang itu menunjukkan sebuah simbol status seorang pejabat sipil bukan pedang untuk pertempuran.
Saat ini pihak berwenang sedang merencanakan sebuah penggalian arkeologi di sekitar sungai. Junxi dan ayahnya telah diberikan hadiah atas usahanya menyerahkan benda bersejarah pada negara.

Sumber:
http://news.okezone.com/read/2014/09/09/214/1036701/pedang-berusia-3-ribu-tahun-ditemukan-di-china

0 komentar:

Popular Posts