Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Wednesday, January 7, 2015

Galaksi Bima Sakti Dihuni Planet Kembar seperti Bumi

Seorang ilmuwan menemukan planet asing tertua yang memiliki ukuran menyerupai Bumi di Galaksi Bima Sakti. Temuan tersebut mengarahkan ilmuwan pada sebuah dugaan bahwa ada kemungkinan kehidupan kuno di planet asing tersebut.
Sebagaimana dilansir Techeblog, Rabu (31/12/2014), Tiago Campante, ilmuwan asteroseismologi dari Research Fellow di University of Birmingham, Inggris, mengobservasi sejumlah planet dalam Galaksi Bima Sakti. Penelitiannya dibantu menggunakan teleskop luar angkasa Kepler.

Ada lima planet yang mengorbit pada sebuah bintang dengan kode nama KOI-3158. Bintang ini berjarak 117 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Lyra. Kepler memantau lima planet yang seukuran dengan Bumi, yang melakukan transit pada bintang utama mereka yaitu KOI-3158.
Menurut Campante, kelima planet tersebut merupakan sistem multiplanet yang terdekat dan tercerah yang pernah dideteksi oleh teleskop luar angkasa. "Itu menunjukkan bahwa planet seukuran Bumi mungkin mudah terbentuk pada awal sejarah alam semesta," ungkapnya.

Ia mengatakan, KOI-3158 merupakan sistem dari planet seukuran Bumi, terbentuk ketika alam semesta kurang dari 20 persen dari usianya saat ini. "Jadi, ini menunjukkan bahwa planet seukuran Bumi terbentuk di sebagian besar sejarah alam semesta, membuka kemungkinan untuk keberadaan kehidupan kuno di galaksi," jelasnya. 

Sumber:
 http://techno.okezone.com/read/2014/12/31/56/1086369/galaksi-bima-sakti-dihuni-planet-kembar-seperti-bumi 

0 komentar:

Popular Posts