Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Friday, July 19, 2013

Rahasia Paus Dapat Bertahan Lama Dalam Air

Faktanya, perenang terkuat di bumi tidak dapat menahan nafas di bawah air selama lebih dari beberapa menit. Sedangkan, mamalia laut seperti lumba-lumba dan paus yang juga bernafas melalui paru-paru, dapat tetap nyaman menyelam di dalam air hingga satu jam lebih.

Tentu saja hal ini membuat para ahli biologi kelautan bingung dan bertanya-tanya bagaimana mamalia laut ini melakukannya. Menurut studi yang melibatkan enam peneliti dari Universitas Liverpool, Winnipeg, dan Alaska, darah dari spesies mamalia ini adalah kuncinya.

Darah mamalia ini memiliki protein yang disebut haemoglobin yang sangat efektif dalam penyimpanan oksigen. Seperti yang dilansir di situs Sciencerecorder. Tak hanya itu, mamalia juga hanya memiliki sedikit pemburuh darah jika dibandingkan dengan manusia yang memiliki banyak pembuluh darah.

Salah satu peneliti dari University of Liverpool, Michael Berenbrink berpendapat, ini adalah adaptasi yang sangat penting, banyaknya pembuluh darah juga berpengaruh terhadap kelancaran aliran hemoglobin yang mengandung oksigen. Dengan sedikitnya pembuluh darah, membuat mamalia tersebut dapat bertahan lama di air tanpa menyebabkan penyumbatan mematikan di aliran darah mereka. Hemoglobin mamalia laut juga sangat berperan penting untuk menjaga oksigen tetap di dalam darah dalam waktu yang lama.

http://forum.tribunnews.com/showthread.php?7130426-Rahasia-Paus-Dapat-Bertahan-Lama-Dalam-Air

0 komentar:

Popular Posts