Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Monday, October 8, 2012

Lukisan Karya Seekor Gajah Dihargai Rp48 Juta


Ternyata bukan hanya karya seni manusia saja yang dapat menghasilkan uang. Di Ceko, lukisan yang dihasilkan oleh seekor gajah, kabarnya dilelang mulai dari harga EUR1000 atau sekira Rp12 juta (Rp12.244 per EUR).

Menurut Orange, Senin (10/9/2012), gajah betina yang bernama Shanti itu belajar melukis dari pengasuhnya Veronika Struplova.

"Butuh waktu sekira dua minggu sebelum ia (Shanti) menguasainya," ujar Juru bicara kebun binatang Tereza Paleckova.

Tak lama setelah diajarkan oleh pengasuhnya, Shanti pun dapat 'memainkan' kuas di kanvas dengan bantuan Struplova. Namun sekira dua atau tiga bulan kemudian Shanti tidak lagi membutuhkan bantuan pengasuhnya.

"Lukisan ini merupakan bagian dari program pengayaan agar binatang tetap bahagia dan sehat. Motivasi terbesar Shanti tentu saja adalah makanan. Shanti penyuka permen yang terbuat dari buah-buahan seperti apel, pisang atau stroberi," beber Paleckova.

Namun sejak pindah ke kandangnya yang baru Shanti kabarnya sama sekali belum menyentuh kuasnya. Hal ini diperkirakan akan meningkatkan harga jual lukisan-lukisan Shanti menyusul keengganannya gajah betina itu untuk melukis kembali.

Sejauh ini lelang atas lukisan Shanti kabarnya mencapai harga EUR4000 atau sekira Rp48 juta. Hasil dari pelelangan ini nantinya akan diberikan kepada kebun binatang di Sri Lanka untuk menambah koleksi hewan mereka.

0 komentar:

Popular Posts