Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Friday, April 19, 2013

Perempuan Ini Hobi Memungut Sampah

Banyak hobi yang ditekuni masyarakat. Namun, mungkin tidak ada yang seunik Elisa Ng Sim Wee. Ibu rumah tangga ini memiliki hobi memungut sampah yang dilihatnya di jalanan.

Bagi Elisa, hobi ini sudah merupakan bagian dari rutinitasnya. Dia selalu mempersiapkan kantung plastik kecil setiap kali dia meninggalkan apartemennya di Bishan, Singapura.

Terkadang, perjalanan selama 15 menit saat mengantar anaknya ke sekolah sudah cukup untuk membuat kantung plastiknya penuh dengan sampah yang dipungutunya di jalan.

Elisa memungut semua jenis sampah, mulai puntung rokok hingga botol minuman dipungutnya. Bahkan, Elisa menularkan kebiasaannya memungut sampah kepada putranya Samuel, yang baru duduk di kelas satu sekolah dasar.

Samuel ternyata sangat menikmati saat dia memungut sampah dan menganggapnya sebagai upaya kecil menciptakan lingkungan yang lebih bersih.

Hobi unik perempuan berumur 42 ini menuai pujian Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Air, Vivian Balakrishnan melalui tulisan di laman Facebooknya.

"Jangan pernah meremehkan perbuatan kecil ini, mungkin orang-orang menganggapnya sebagai pencitraan dan juga memandang sepele, namun Elisa menjadi teladan untuk menciptakan lingkungan dan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik," ujar sang menteri.

Elisa yang juga membuat laman Facebook, mencoba mengkampanyekan dan menyebarkan hobinya kepada orang lain sehingga Singapura bisa menjadi tempat yang lebih bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Sejumlah anggota keluarga dan teman-temannya juga sudah mulai ikut bergabung dan mulai ikut memungut sampah.

"Yang penting adalah kesadaran, banyak orang mengkritik sesama karena membuang sampah sembarangan, namun mereka juga tidak pernah memungut sampah yang ada di depan matanya," kata Elisa.

Elisa menambahkan, banyak orang menolak memungut karena itu bukanlah sampah yang mereka buang. Namun, lanjut Elisa, Singapura adalah rumah bersama dan sudah seharusnya sebagai warga negara yang baik, semua orang ikut berkontribusi menjaga kebersihan rumahnya.

(http://internasional.kompas.com/read/2013/03/23/20082787/Perempuan.Singapura.Ini.Hobi.Memungut.Sampah)

0 komentar:

Popular Posts