Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Friday, April 18, 2014

Waw, Ternyata Wadah Air Minum Ini Bisa Dimakan

Sebuah alternatif menyimpan air minum kini berhasil diciptakan sebagai salah satu cara ampuh mengurangi sampah botol plastik yang kian menggunung. Tiga orang desainer asal Boston, Amerika Serikat berhasil mengembangkan sebuah tempat air minum dari ganggang yang dapat dimakan.

Wadah yang kemudian mereka namai Ooho tersebut dapat diproduksi dalam berbagai ukuran dan terjamin kebersihan air di dalamnya terbungkus oleh lapisan ganggang. Harga yang tawarkan juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp187 tiap bungkusnya.

Desainnya yang terbilang unik dan sangat bermanfaat membuat Ooho menyabet gelar pemenang dalam sebuah ajang Lexus Design Award dan mulai dijual di Boston, Amerika Serikat akhir tahun ini.

“Ooho merupakan sebuah selaput ganggang yang dapat dimakan. Ini adalah cara baru kemasan yang dapat menggantikan botol plastik air minum,” kata salah satu penciptanya, Gonzales.

Dikutip Daily Mail, Kamis (27/3/2014), Ohho berbentuk seperti bola yang memiliki membran gelatin ganda yang terdiri dari natriun alginat yang diambil dari ganggang cokelat dan kalsium klorida.

Sedangkan ruang lingkupnya dibuat dengan menggunakan teknik gelifaction, yaitu teknik yang dapat digunakan untuk mengubah cairan menjadi gel dengan menambahkan zat pembentuk gel yang dapat dimakan.

Menurut Gonzales saat ini hanya perusahaan besarlah yang mempu memproduksi kemasan tersebut. Hal ini dikarenakan Ooho memerlukan peralatan dan infrastruktur yang besar untuk memproduksi secara masal.

Ide awal dari pembuatan ini mereka ilhami dari pemikiran awal bahwa setiap orang dapat memodifikasi dan membuat beberapa resep dari dapur mereka sendiri.


http://www.solopos.com/2014/04/06/kisah-unik-ini-wadah-air-minum-yang-juga-bisa-dimakan-500670

0 komentar:

Popular Posts