Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Wednesday, April 16, 2014

Bentuk Awal Mouse yang Aneh

 
Walopun mouse diproduksi secara komersil pertama kali oleh Xerox, namun sebenarnya mouse diciptakan pertama kali oleh Douglas Engelbart, seorang peneliti dari Stanford Research Institute, pada tahun 1963. Saat itu fisik mouse masih jauh berbeda dengan mouse yang saat ini kita kenal. Mouse pertama dibuat menggunakan bahan dari balok kayu dan menggunakan dua gerigi roda dari logam yang posisinya tegak lurus satu sama lain, serta sebuah tombol berupa sebuah lampu berwarna merah di sisinya. Dan pada 17 November 1970, Engelbart mendapatkan hak paten atas mouse ciptaannya tersebut.

Mouse yang merupakan pointing device sebenarnya pun bukan pointing device pertama karena waktu itu sudah ditemukan trackball pada tahun 1953. Ga jelas emang sejarah tentang pemberian nama mouse untuk alat ini namun ada yang mengatakan bahwa itu berasal dari bentuk fisiknya yang mempunyai buntut.
Penyempurnaan mouse oleh Xerox

Mouse yang dihubungkan ke computer dan ditampilkan di layar itu merupakan ide dari Bill English dan dia menciptakan prototype pertamanya dengan bentuk yang disempurnakan pada tahun 1972. Perbaikan yang dilakukan adalah pada system 2 gerigi yang diganti dengan bola yang bisa berputar ke segala arah dan mengubah tombol nya menjadi 2. Modifikasi lain adalah pada perbaikan system interaksinya dengan computer.

Sumber: http://altovart.blogspot.com/2014/03/bentuk-awal-mouse-yang-aneh.html

0 komentar:

Popular Posts