Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Monday, October 15, 2012

Sepeda dari Karton segera diproduksi

Anda pasti pernah mengendarai sepeda. Namun jika itu adalah sepeda yang dibuat dari kertas karton, maka mungkin baru Izhar Gafni yang pernah menungganginya. Maklumlah, pria Israel berusia 50 tahun ini adalah penemu sepeda unik ini.

Izhar adalah penggemar sepeda dan selama bertahun-tahun berkutat dengan ide membuat sepeda dari kertas karton. Kepada Reuters, saat mendemonstrasikan penemuannya itu, dia mengatakan bahwa prototipe terbaru sepeda karton ini sudah dianggap layak guna dan bisa diproduksi massal setelah melalui banyak uji coba.

"Saya selalu antusias dalam mengaplikasikan teknologi yang tak lazim, dan saya sudah melakukannya beberapa kali. Tapi ini adalah puncak dari semuanya, dan saya mengerjakan ini selama empat tahun," papar Gafni.

"Membuat kotak dari kertas karton sangat mudah. Kotak karton akan cukup kuat dan tahan lama. Namun, membuat sepeda dari kertas karton sangat sulit," lanjut Gafni.

Saat membuat sepeda karton ini, Gafni harus menemukan lipatan yang tepat. Hal itu pun memerlukan waktu cukup lama.

"Saya membutuhkan satu setengah tahun, melalui percobaan dan kegagalan, sampai saya menemukan pola lipatan yang tepat," kenangnya.

Setelah melakukan berbagai uji coba, Gafni sendiri mengaku terkejut dengan hasil karyanya.

"Saya sangat terkejut akan kekuatan material ini. Sangat luar biasa. Saat nanti siap diproduksi, sepeda ini tak akan menggunakan bahan logam sedikit pun," ujarnya.

Jika sudah diproduksi massal, Gafni mengklaim bahwa harga sepeda ini tak akan lebih dari 20 dollar AS atau kurang dari Rp 200.000.

"Saat kami memulai proyek ini dua tahun lalu, orang-orang menertawakan kami. Namun, kini kami menerima puluhan e-mail setiap hari, menanyakan di mana mereka bisa membeli sepeda ini. Jadi, saya yakin penemuan ini akan sukses," ungkapnya.

Selain murah, sepeda ini juga sangat ringan. Biaya pemeliharaan juga murah karena sepeda ini tidak perlu diperbaiki. Bahkan, rodanya tak perlu diperbaiki karena dibuat dari karet padat.

"Sepeda ini tak perlu perawatan sama sekali dan bisa digunakan hingga 10 tahun," ujar rekan bisnis Gafni, Nimrod Elmish.

Bobot sepeda ini hanya 9 kg. Bandingkan dengan sepeda konvensional yang rata-rata memiliki berat 14 kg.

Elmish mengatakan, produksi awal akan dibuat di Israel dalam beberapa bulan mendatang. Rencananya, mereka akan memproduksi tiga jenis sepeda dan satu jenis kursi roda. Dalam satu tahun, masyarakat sudah bisa membeli sepeda kertas karton tersebut.

"Dalam enam bulan, kami akan menyelesaikan rencana porduksi awal untuk sepeda urban yang akan dilengkapi mesin listrik, lalu sepeda yang ukurannya 2/3 lebih kecil untuk anak-anak di Afrika, sepeda anak-anak dengan roda tambahan, dan sebuah kursi roda yang dipesan sebuah LSM untuk warga Afrika," ujar Elmish. (kompas.com)

2 komentar:

celengansemar said...

Kalo udah dijual di sini mau deh nyobain. Thx for sharing.. :)

Fortuner Diesel said...

Indonesia sangat butuh sepeda seperti ini

Popular Posts