Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Wednesday, November 13, 2013

Ilmuan Rancang Jubah Penghilang

Sebuah jubah "penghilang" yang memanfaatkan frekuensi broadband untuk menyembunyikan benda atau manusia sedang dirancang. Para ahli fisika AS menemukan bahwa jubah ajaib ini hanya bisa menyembunyikan benda dalam jangkauan panjang gelombang cahaya tertentu atau gelombang mikro.

Dalam frekuensi lain, jubah penghilang justru akan membuat sebuah benda tampak semakin jelas. Solusi mereka adalah sistem elektronik super tipis. Ulasan sistem ini dimuat di jurnal Physical Review Letters.

"Jubah aktif kami adalah konsep dan rancangan baru, yang bertujuan menerobos batasan-batasan [jubah penghilang yang ada sekarang] dan kami menunjukkan bahwa hal itu mungkin dilakukan," kata Prof Andrea Alu, dari Universitas Texas di Austin.

"Jika anda ingin membuat sebuah obyek transparan di semua sudut dalam frekuensi broadband, ini adalah solusi yang baik.

"Kami berusaha mewujudkan teknologi itu tapi saat ini kami masih dalam tahap awal."

Persepsi publik akan jubah penghilang ajaib kebanyakan merujuk pada jubah yang ditampilkan dalam kisah Harry Potter. Model pertama yang dibuat ilmuan pada 2006 berhasil menghilangkan silinder tembaga kecil dengan cara membengkokkan gelombang mikro di sekitarnya. Jubah itu dibuat dari cangkang tipis materi meta, yaitu komposit buatan yang strukturnya memungkinkan terbentuknya properti yang tidak ada di alam. Materi penghilang ini sangat berguna untuk kepentingan militer, mikroskopi, biomedis dan penghasil energi. (detik.com)

0 komentar:

Popular Posts