Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Tuesday, September 16, 2014

Kamera Tercepat di Dunia, Rekam 4,4 Triliun Gambar

Ilmuwan dari University of Tokyo dan Keio University berhasil menemukan kamera berkecepatan tinggi. Kamera ini memungkinkan menangkap gambar yang tidak terlihat dengan mata normal, seperti halnya reaksi kimia.

Para peneliti di Jepang itu mengklaim kamera tersebut merupakan yang tercepat di dunia saat ini. Kamera tersebut mampu menangkap sekitar 4,4 triliun gambar dalam kurun satu detik saja. Demikian dikutip dari Daily Mail, Kamis 14 Agustus 2014.

Perangkat ini menggunakan teknik baru yang memungkinkan pengambilan gambar berkecepatan tinggi sehingga bisa menangkap terjadinya reaksi kimia dan konduksi panas. Kedua aksi tersebut belum pernah bisa tertangkap oleh kecanggihan fotografi selama ini.

Phys.org menyebutkan, kamera tercepat yang ada di dunia saat ini masih menggunakan proses bernama pump-probe. Dalam proses itu, cahaya dipompa pada objek yang sedang difoto untuk kemudian diperiksa agar ada penyerapan oleh laser. Langkah ini dilakukan untuk mengumpulkan data penting yang digunakan dalam membangun gambar. Sayangnya, teknik ini mengandalkan pengukuran berulang untuk menghasilkan gambar.

Tidak demikian dengan kamera buatan ilmuwan Jepang ini. Mereka menggunakan teknik yang bernama Femtografi berbasis gerak untuk menangkap gerakan.

"Kamera memetakan pergerakan dari objek secara visual dari waktu ke waktu melebihi kecepatan fotografi biasa yang diorganisir dengan waktu yang berurutan," tulis penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Photonics.

Perangkat yang diberi nama Stamp atau Sequentially Timed All-optical Mapping Photography ini diklaim 1.000 kali lebih cepat daripada kamera tercepat yang pernah ada sebelumnya. Resolusinya sekitar 450 x 450 piksel, cukup untuk memberikan detil objek foto demi kepentingan penelitian.

Stamp akan digunakan dalam kegiatan penelitian, khususnya merekam reaksi kimia dan konduksi panas, yang biasanya muncul enam kali kecepatan cahaya.

Para ilmuwan mengaku membutuhkan waktu sekitar 3 tahun untuk mengembangkan Stamp. Langkah berikutnya adalah membuat perangkat ini lebih kecil. Saat ini ukurannya mencapai satu meter persegi.

Ilmuwan Jepang percaya jika Stamp suatu saat bisa digunakan dalam bidang kedokteran, manufaktur dan semikonduktor.

Sumber:
http://m.news.viva.co.id/news/read/528885-kamera-tercepat-di-dunia--rekam-4-4-triliun-gambar

0 komentar:

Popular Posts