Dunia memang aneh, tapi indah Strangely, unique, humankind, serious, the space, knowledge, the ghost, scenery, beautiful, the place, the building, interesting, the record, bad, funny, science

Thursday, July 30, 2015

Naik Becak cuma 3 menit di Suruh Bayar Rp 4 juta, Turis ini Mengajukan Komplain

Becak London
Urusan pemerasan terhadap wisatawan, ternyata tidak hanya terjadi di negara-negara berkembang seperti negara kita saja. Di belahan Benua Eropa, tepatnya negara Inggris, baru-baru ini terjadi kasus pemerasan terhadap turis yang datang ke negara tersebut oleh seorang Tukang Becak.

Peristiwa yang sempat menghebohkan dunia maya dan menjadi viral ini terjadi di Kota London, ketika ada sepasang turis yang berdebat dengan seorang tukang becak karena merasa di peras. Hanya karena naik becak selama 3 menit (versi kedua turis tersebut), tukang becak menagihkan biaya sebesar 206 poundsterling. Suatu hal yang menakjubkan karena apabila nominal itu dirupiahkan setara dengan Rp 4,3 juta. 

Banyak orang yang melihat perdebatanantara Si turis dengan tukang becak, sehingga mengundang perhatian 2 orang polisi yang kebetulan bertugas di sekitar wilayah tersebut. Kedua polisi itu ahirnya menanyai duduk permasalahan yang sebenarnya sehingga menyebabkan mereka harus berdebat di keramaian yang mengundang perhatian banyak orang. 

Akhirnya kedua turis tersebut bercerita jika mereka harus membayar taruf yang cukup fantastis tersebut setelah neik becak dari Oxford Circus ke Jalan Great Cumberland Street, dekat Marble Arch dengan waktu yang cukup singkat menurut mereka. Akan tetapi, ketika diklarifikasi oleh kedua posili tersebut, tukang becak menyanggahnya. Bahkan dia menyalahkan perkataan darii turis tadi dan mengatakan bahwa keduanya telah menyewa dan naik becak mereka lebih dari 10 menit. 

"Mereka menumpang becakmu selama sepuluh menit, dan kamu meminta mereka bayar 206 poundsterling?" tanya salah satu polisi. 

“Ya tuan, sepadan dengan tarif yang saya kenakan. Mereka harus membayar 10 poundsterling (Rp 208 ribu) untuk waktu 1 menit mereka menggunakan becak saya” jawab tukang becak dengan tidak kalah sengitnya. 

"Saya kira itu sangat tidak fair," tambah polisi itu. "Baiklah, lalu berapa mereka harus bayar?" jawab tukang becak itu.

Polisi itu kemudian mengatakan bahwa tukang becak tersebut telah mengeksploitasi dua turis itu. "Mereka turis asing, kamu memeras mereka. Kamu memeras mereka karena kamu tahu di sini satu menit tarifnya bukan 10 poundsterling," kata polisi itu. 

Tidak jelas situasi yang terjadi berikutnya, apakah tukang becak itu ditahan oleh pihak kepolisian atau dibebaskan. Yang pasti peristiwa itu harus bisa dijadikan pembelajaran bagi kita apabila berkunjung ke tempat lain. Pastikan harga atau biaya di awal jika kita membeli atau meminta bantuan jasa dari orang lain
(Sumber: Metro.co.uk) 

0 komentar:

Popular Posts